WELCOME TO TASIKAGUNG WEBSITE. ^___^  

Semarak Pesta Laut Desa Tasikagung Rembang

ERNIK ENIFAH | 20 Juni 2019 09:13:28 | Berita Desa | 823 Kali

 

 

Setiap setahun sekali yaitu pada bulan Syawal atau istilah lain disebut dengan acara SYAWALAN, Desa Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang menggelar arak-arakan Sedekah Laut sebelum acara puncak yaitu Larung Sesaji. Acara tersebut setiap tahunnya selalu menarik minat warga baik dari Kabupaten Rembang maupun luar kota. seperti yang dilaksanakan kemarin pada Hari Kamis tanggal 13 Juni 2019 mulai pukul 08.00 WIB puluhan orang membanjiri jalanan mulai dari start di Pelabuhan Desa Tasikagung hingga Alun-alun Rembang.

Hampir semua warga Desa Tasikagung tampil dan ikut serta memeriahkan karnaval Sedekah Laut yang memperlihatkan betapa guyup rukunnya mereka dengan memakai berbagai kostum, atraksi serta keunikan seperti menampilkan replika hewan berukuran besar atau disebut ogoh-ogoh, setiap RT berbeda-beda penampilannya sesuai dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya.

Tahun ini memang berbeda dari tahunn kemarin, Karya yang ditampilkan lebih menginspirasi dan membangun seperti pewayangan,  kendaraan tradisional ataupun replika binatang, tidak ada ogoh- ogoh yang berwajah seram.  Selain itu juga ada penambahan kreatifitas dari setiap RT yang ada seperti senam, parade tari-tarian, carnival,  dan lain-lain sesuai dengan tema yang sudah diundi bersama.

Ini merupakan upaya dan bentuk bahwa masyarakat Tasikagung sangat kompak dan rukun. Itulah yang harus kita lestarikan, budaya ini (Kearifan Lokal yang harus dilestarikan) sekaligus menjadikan acara di Kabupaten Rembang ini semakin semarak

Setelah arak- arakan selesai,  dilanjutkan larung sesaji berupa kepala kambing beserta 4 kaki, pisang raja satu tangkep, kelapa muda, bermacam jajanan pasar , bubur 4 warna , bunga setaman , air putih di dalam kendi. Semua di larung bersama replika  kapal dengan tujuan untuk meminta keselamatan kepada Tuhan Yg Maha Esa.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Desa


Alamat : -Jalan Pelabuhan No 12 Desa Tasikgung Rembang
Desa : TASIKAGUNG
Kecamatan : REMBANG
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59212
Telepon : (0295) 6980119
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung