WELCOME TO TASIKAGUNG WEBSITE. ^___^  

27 Desa di Kecamatan Rembang Ikuti Pelatihan SID

ERNIK ENIFAH | 01 Oktober 2019 09:56:50 | Berita Desa | 702 Kali

Bertempat di Ballroom Raflesia Fave Hotel Rembang, Senin 30 September 2019, 54 perangkat desa dari 27 Desa se-Kecamatan Rembang mengikuti Pelatihan SID. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam pelayanan informasi desa. Pelatihan dibuka secara langsung oleh Camat Rembang.

Ia menjelaskan setelah diberikan pengenalan terkait SID, kini perangkat desa  dilatih untuk mengisi konten pada SID. Para peserta pelatihan dilatih untuk membuat sebuah berita dan diajarkan cara mengolah data menggunakan aplikasi Sistem Informasi Desa Ungkap Bapak Mustholih, Camat Rembang.

Acara pelatihan berlangsung selama 2 hari , hari pertama diisi oleh Bapak Rudi dari DISKOMINFO Kabupaten Rembang, beliau  menjelaskan berkaitan paparan materi  SID dan peranan SID bagi informasi masyarakat luas. dilanjut Bapak Sutardi menjelaskan tentang prodeskel dan jam-jam terakhir disambung oleh Bapak Suradi yang menjelaskan tentang penganggran dan siskeudes online.

Para peserta diberikan pengetahuan terkait penulisan berita yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Para peserta harus bisa memunculkan potensi desa dari berita yang dibuatnya dengan mendasari fakta dan gambar sesuai dengan isi berita tersebut.

Setelah pelatihan selesai, peserta diajak untuk mempraktekan secara langsung pembuatan berita yang ringkas terkait pelatihan disertai dengan pengambilan gambar yang menarik sesuai dengan isi berita. Setelah mereka mampu untuk membuat berita maka website desa yang ada bisa terisi dengan berbagai macam informasi dan berita terkait desa tersebut.

Jadi para peserta pelatihan SID tidak hanya dilatih membuat berita tapi juga bagaimana peserta bisa mengolah data yang ada di desa secara valid. Sehingga setelah nanti website desanya telah dibuka, ia mengharapkan data yang ditampilkan merupakan data yang telah diolah bukan data mentah. Karena data mentah itu sesuai ketentuan perundang-undangan menjadi data rahasia kaya data kependudukan itu tidak boleh ditampilkan by name by address di website desa.

diharapkan pelatihan seperti ini berlanjut kedepannya demi terselenggaranya kelancaran pengolahan SID.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Desa


Alamat : -Jalan Pelabuhan No 12 Desa Tasikgung Rembang
Desa : TASIKAGUNG
Kecamatan : REMBANG
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59212
Telepon : (0295) 6980119
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung